WOW ! Aceh akan jadi Provinsi Bebas Lembaga Keuangan Konvensional


INFOSYARIAH.COM - September tahun 2016 lalu pemerintah aceh secara resmi mengkonversi bank aceh menjadi bank aceh syariah. Konversi ini mencetak sejumlah sejarah penting bagi perkembangan keuangan syariah di Indonesia diantaranya sebagai BPD pertama yang konversi ke syariah, Bank Umum Syariah ke-13 di Indonesia, dan bank syariah ke-2 yang bukan anak bank konvensional setelah Bank Muamalat. Bahkan karena konversi bank aceh, market share bank syariah nasional mampu tembus angka 5.57%.

Setelah konversi, pemerintah Aceh kembali membuat kebijakan terkait Lembaga Keuangan Syariah. Berdasarkan amanah Qanun Aceh No. 8 Tahun 2014 tentang Pokok - Pokok Syariat Islam pada Pasal 21 ayat 1-4 tentang Lembaga Keuangan Syariah dimana dijelaskan bahwa lembaga keuangan yang beroperasi di Aceh harus berdasarkan prinsip syariah.


Sebagai tindaklanjut Qanun No.8 Tahun 2014, Pasal 21 ayat 4, Pemerintah Aceh saat ini sedang merancang Qanun Lembaga Keuangan Syariah. Salah satu poin pembahasan yang cukup menarik dan hangat dipemberitaan adalah Aceh akan melarang lembaga keuangan konvensional beroperasi di Aceh. Artinya Aceh akan menjadi provinsi bebas riba pertama di Indonesia. Jika kebijakan ini diterapkan maka semua lembaga keuangan konvensional, seperti bank, asuransi, lembaga pembiayaan, pegadaian, dan koperasi dilarang beroperasi di Aceh. Solusinya lembaga keuangan konvensional harus membuka layanan syariah atau pergi dari Aceh.

Hingga September 2017, Provinsi Aceh menjadi provinsi dengan market share perbankan syariah tertinggi di Indonesia yaitu sebesar 50.21%. Angka ini meningkat drastis karena konversi bank Aceh ke syariah pada september 2016 lalu. Posisi aset bank Aceh per September 2017 sebesar Rp23,5 triliun atau meningkat 27% yoy.

Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon