Manajemen Pengelolaan Harta Keluarga Muslim ala QIF

Manajemen Pengelolaan Harta Keluarga Muslim
Oleh : Taufik Hidayat

Founder QIF (Quantum Islamic Financial) 

www.quantumislamicfinancial.com

Mungkin anda pernah mendengar kisah seseorang yang kaya raya dalam waktu sekejap ia jatuh miskin, atau seseorang yang kaya raya terlilit hutang dan akhirnya jatuh miskin. Mungkin juga anda pernah mendengar kisah seseorang yang penghasilannya besar tetapi selalu habis seketika dan tidak tahu kemana uangnya lari.Nah, kisah-kisah problem keuangan yang pernah anda jumpai tersebut selain karena faktor konsumtif, salah satunya karena ternyata hampir keseluruhan dari mereka tidak pernah mencatat transaksi keuangannya. Faktor utamanya adalah catatan. Orang yang tingkat konsumtifnya tinggi dan tingkat hutang konsumtifnya juga tinggi sebetulnya mereka bisa terkontrol ketika mereka mempunyai catatan. Sama halnya seperti orang yang tidak pernah tahu tentang kondisi kesehatannya maka dia akan makan sembarangan. Ketika dia sudah mengetahui hasil laboratorium tentang penyakitnya, maka orang tersebut akan berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Catatan tersebut ibarat lampu jalan yaitu lampu merah, kuning dan hijau

Nah, sama halnya dengan catatan keuangan pribadi dan keluarga kita. Catatan keuangan sebagai alat kontrol atau penanda lampu transaksi. Saya pernah membuatkan financial check-up salah satu klien, ketika saya beri catatan keuangannya, Dia langsung kaget. Haaa?? Ternyata hutang konsumtifnya sangat besar, pendapatan dan assetnya tidak bisa menutupi hutangnya. Itu artinya catatan transaksi keungannya sudah berwarna merah, tanda dia harus waspada. Setelah saya beri catatan angka-angka dan analisanya, dia Terkejut. Hehe… makanya, yuuks mulai mencatat dari sekarang.

Quantum Islamic Financial adalah metode pembelajaran pengelolaan harta dengan konsep islami dengan instrumen penerimaan & pendistribusian harta yaitu

Sumber Penghasilan Halal & Barakah


• 1/3 Sedekah


• 1/3 Konsumsi


• 1/3 Investasi


• Hak Allah & Rasulnya


• Hak Orang Lain


• Hak Masa Depan


• Hak Saat Ini

Dome Of Needs (Kubah Kebutuhan)

Pendistribusian harta tersebut sebagai bentuk tanggungjawab dalam pengelolaan harta yang telah Allah berikan, sebagaimana dalam sebuah hadits


“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR at-Tirmidzi)


Pendistribusian harta tersebut tidak semata-mata mengharapkan keuntungan diduniawi berupa profit, asset dan income, tapi jauh lebih penting tujuannya adalah membentuk amalan yang tidak pernah terputus setelah kita tidak lagi di dunia. Yaitu Shodaqoh Jariyah, Ilmu Yang Bermanfaat, dan Anak Sholeh Yang Mendoakan.


“Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakannya“. (HR. Muslim)


Pengelolaan harta tersebut akan dituangkan dalam sebuah sistem aplikasi sederhana berbasis excel (dalam bentuk apps android sedang dikembangkan) yang dibawakan dalam bentuk Workshop Quantum Islamic Financial (QIF)


“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah [jual beli, hutang piutang atau sewa menyewa dsb] tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya ……” (QS Al Baqoroh:2:282)



Quantum Islamic Financial – Basic adalah workshop yang fokus utamanya mencatat transaksi harian keuangan pribadi & keluarga. di workshop ini pun anda diajarkan bagaimana konsep dasar pengelolaan harta dalam islam, bagaimana cara rasul dan para sahabat dalam mendistribusikan hartanya sehingga hartanya semakin bertambah, dan anda juga diajarkan tentang investasi disektor rill dan sektor keuangan secara syariah.


Merubah habit/karakter seseorang yang awalnya tidak pernah mencatat transaksi hariannya,. Menjadi terbiasa.


Ditingkat basic ini peserta hanya diajarkan pos pos pengeluaran saja., intinya peserta tidak perlu mencatat uang masuk,. Hanya menempatkan setiap uang keluar pada pos yang telah disediakan. Sehingga peserta mengetahui uang keluar digunakan untuk apa saja.


Sistem aplikasi – Basic ini sangat simple., hanya ada 3 pos atau 3 jenis pengeluaran keuangan anda. Yaitu Pos Sedekah, Pos Konsumsi dan Pos Investasi.


Landasan Hukum


Kenapa Mencatat Keuangan Pribadi & Keluarga ini menjadi penting ?


Ternyata Allah SWT telah memerintahkan kepada kita didalam al-quran dalam surat albaqarah : 282 , yang artinya


“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu’amalah [jual beli, hutang piutang atau sewa menyewa dsb] tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya ……” (QS Al Baqoroh:2:282)


Mencatat keuangan adalah bagian dari cara kita mempertanggungjawabkan harta yang allah telah berikan. Dengan adanya catatan kita mengetahui kemana saja uang dan harta yang kita belanjakan.


Sebagimana dalam sebuah hadits, dihari kiamat nanti kita ditanya oleh Allah tentang harta yang kita peroleh dan kemana dibelanjakan


“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya” (HR at-Tirmidzi)

Di dalam workshop ini anda akan mempelajari tentang:


• Dome of Needs – Konsep dasar mengelola harta dalam islam


• Quantum Nabawiyah Financial – Bagaimana cari nabi mengelola hartanya


• Quantum Progress Financial – 2 faktor utama keuangan anda tumbuh dan sehat


• Financial Problems – 2 faktor utama penyebab keuangan anda bermasalah


• Cashflow for Muslim & LifeStyle 1/3 – gaya hidup keuangan muslim yang ideal


• Ibadah-Ibadah yang membutuhkan Harta/Uang


• Introduction Sistem Aplikasi QIF-Basic – fokus utamanya mengetahui uang keluar


• Praktek Sistem Aplikasi QIF-Basic (versi excel )



Jadwal:


Durasi : 1 Hari


Hari : Setiap Hari Sabtu ( Mulai tgl 4 November 2017)


Jam : 08:00 – 17:00 WIB


Lokasi : Jabodetabek – Bandung – Cirebon , (To Be Announced by Email)


*jadwal dan tempat Pelaksanaan sesuai dengan peserta yang terdaftar, minimal 1 kelas 10 orang


Siapa Yang WAJIB ikut Pelatihan Ini?


• Anda Ibu Rumah Tangga Yang Pusing Mengatur Keuangan Bulanan


• Anda Yang Terlilit Hutang


• Anda Yang Merasa Uang Anda Habis Terus Setiap Bulan


• Anda Yang Merasa Tidak Bisa Menabung dan Berinvestasi


• Pelajar dan Mahasiswa Yang Mau Punya Masa Depan Cemerlang dalam usia muda


• Seluruh Lapisan Masyarakat yang concern dengan keuangan anda


Metodologi Penyampaian


• Materi dan Modul


• Diskusi Kelas dan contoh-contoh kasus


• Praktek Langsung Sistem Aplikasi QIF-Basic (Peserta diharapkan membawa laptop untuk praktek langsung)



Informasi Pendaftaran & Investasi workshop


Contact / WA : 0857-8230-5295 , 0878-0816-8365 ( Eva )


Email : office.quantumislamicfinancial@gmail.com


Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon