Aset BMT ini Lampaui Aset BPR Terbesar ke-5 se-Indonesia

Mungkin banyak kalangan yang memandang sebelah mata kiprah koperasi syariah atau BMT di Indonesia. Namun taukah anda ternyata ada BMT yang jumlah asetnya mengalahkan jumlah aset BPR. Tak tanggung-tanggung jumlah aset BMT ini mengalahkan jumlah aset BPR terbesar ke 5 di Indonesia. 


BMT apakah itu ?

Ya... BMT UGT SIDOGIRI - Pasuruan Jawa Timur.

Koperasi BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri disingkat “BMT UGT Sidogiri” mulai beroperasi pada tanggal 5 Rabiul Awal 1421 H atau 6 Juni 2000 M. di Surabaya dan kemudian mendapatkan badan Hukum Koperasi dari Kanwil Dinas Koperasi PK dan M Propinsi Jawa Timur dengan SK Nomor: 09/BH/KWK.13/VII/2000 tertanggal 22 Juli 2000. 

BMT yang berkantor pusat di Pasuruan Jawa Timur ini merupakan BMT dengan aset terbesar di Indonesia. Berdasarkan hasil RAT tahun 2015, BMT UGT Sidogiri mampu membukukan aset mencapai Rp 1,8 triliun. Bahkan di tahun 2016, BMT Sidogiri menargetkan aset Rp 2 Triliun. Kantor layanan BMT Sidogiri sudah terdapat di 24 wilayah Indonesia yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Jika dibandingkan dengan 10 BPR beraset jumbo yang dirilis oleh infobanknews.com pada September 2015 lalu, maka aset BMT UGT Sidogiri hampir setara bahkan melampaui aset BPR terbesar ke 5 yaitu BPR Palu Lokadana Utama-Kota Palu yang berjumlah Rp1,67 triliun. Luar biasa bukan ?

Walau bukan satu - satunya ukuran  kinerja suatu lembaga keuangan, namun capaian aset sebesar Rp 1,8 triliun ini cukup untuk membuktikan bahwa BMT dapat bersaing, berkontribusi, dan menjadi soko guru perekonomian nasional. 

Referensi : berbagai sumber

2 comments:

  1. jadi kalau mau melihat suatu lembaga keuangan maju atau tidaknya itu dilihat dari keuangannya atau ada selain itu pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aspek keuangan hanya salah satu indikator kemajuan perusahaan, sedang aspek non-keuangan juga bisa dijadikan indikator, seperti aspek CSR. Tapi biasanya kebanyakan orang menulai perusahaan dari aspek keuangannya.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon