Ini Profil Singkat Direktur Utama Bank Syariah di Indonesia - Part 3

Jabatan tertinggi dalam suatu perusahaan berbentuk PT ada pada Direktur Utama (Dirut) yang bertanggungjawab mengatur perusahaan secara keseluruhan. Tugas Direktur Utama Perusahaan adalah sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor dalam menjalankan dan memimpin perusahaan Perseroan Terbatas (PT). Keberhasilan kinerja suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kepemimpinan seorang direktur utama. Kali ini coba kita intip siapa saja direktur utama bank syariah di Indonesia.



9. Sari Idayanti - Bank Victoria Syariah

Warga negara Indonesia, lahir di Jakarta 21 Desember 1966. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi universitas Jayabaya Jakarta tahun 1990. Memulai karir diperbankan pada Bank Bira tbk ditahun 1989-1995 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Seksi akunting & administrasi Keuangan. Tahun 1995 bergabung dengan PT Bank Victoria International Tbk sampai dengan tahun 2007 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Divisi akuntansi dan Pengawasan keuangan. Bergabung pada PT Bank Swaguna sejak 14 September 2007 sebagai sebagai Direktur Operasional. Pada 8 Mei 2008 Melalui RuPSLB diangkat sebagai Direktur utama PT. Bank Swaguna. Sejalan dengan akuisisi Bank Swaguna  maka pada RuPSLB per tanggal 26 Maret 2010 diangkat sebagai Direktur utama PT. Bank Victoria Syariah sampai dengan Maret 2013. Pada 1 april 2013- sekarang menjabat sebagai Direktur Operasional. Tahun 2016 ditunjuk sebagai pejabat sementara Direktur Utama Victoria Syariah menyusul mengundurkan diri direktur utama sebelumnya Sugiharto. (Sumber Annual Report Victoria Syariah 2015).

10. Aria Putera Ismail - MayBank Syariah

Warga Negara Malaysia, lahir di Kulim, Kedah Malaysia tahun 1977. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Maybank Syariah beliau pernah menjabat sebagai Direktur Global Markets Islamic, Maybank Islamic Berhad (MIB), Bank Islam terbesar di kawasan Asia Pasifik dengan total aset lebih dari RM146 miliar. Beliau memiliki pengalaman dalam industri perbankan dan investasi lebih dari 14 tahun. Beliau meraih gelar Master of Business Administration jurusan Islamic Banking & Finance dari International Islamic University of Malaysia (IIUM) tahun 2009, dan Bachelor in Business Administration jurusan Finance dari MARA University of Technology tahun 2000. Sebelum bergabung dengan Maybank Islamic, Aria adalah General Manager Global Markets Islamic di Hong Leong Islamic Bank di mana beliau membantu Group untuk meluncurkan Islamic Windows pertama di Hong Kong pada tahun 2008. Setelah bergabung dengan Maybank Islamic beliau juga mendirikan Islamic Window untuk Maybank Berhad cabang Hong Kong tahun 2012. Beliau juga pernah menjabat berbagai posisi di Bank Negara Malaysia selama enam tahun, dengan fokus pada implementasi kebijakan operasi moneter di dalam pasar keuangan. (Sumber Annual Report MayBank Syariah 2015)

11. Deny Hendrawati - Bank Panin Syariah


Warga Negara Indonesia, lahir di Wonogiri pada tanggal 5 Februari 1966. Memperoleh gelar Sarjana Hukum Perdata dari Universitas Diponegoro Semarang, pada tahun 1989. Deny Hendrawati diangkat pertama kali sebagai Direktur Panin Bank Syariah berdasarkan hasil RUPS Tahunan tanggal 29 Juni 2010.
Pengangkatan beliau sebagai Direktur, telah memperoleh persetujuan dari OJK (lulus fit and proper test) pada tanggal 6 Agustus 2010.
Kemudian pada tahun 2011 beliau diangkat menjadi Direktur Utama berdasarkan hasil RUPS Tahunan tanggal 28 April 2011. Pengangkatannya sebagai Direktur Utama Panin Bank Syariah tersebut telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (lulus fit and proper test) pada tanggal 14 Juli 2011. Kemudian berdasarkan hasil keputusan RUPS Luar Biasa tanggal 2 Oktober 2015 dan RUPS Tahunan tanggal 19 April 2016, beliau diangkat kembali menjadi Direktur Utama.
Memulai karirnya sebagai Marketing di PT Bank Central Asia (tahun 1991–1992), kemudian di PT Bank Muamalat Indonesia terakhir sebagai Kepala Cabang (tahun 1992–2004), kemudian ke PT Bank Mega Syariah menjabat sebagai Kepala Cabang dan terakhir sebagai Kepala Divisi (tahun 2004–2010). Selanjutnya beliau berkarir di PT Bank Panin Syariah Tbk menjabat sebagai Direktur Bisnis (tahun 2010–2011) kemudian menjabat sebagai Direktur Utama (tahun 2011–sekarang). (sumber : www.paninbanksyariah.co.id)

12. Harry A.S Sukadis - BTPN Syariah

Warga Negara Indonesia, 62 tahun. Harry A.S. Sukadis diangkat sebagai Direktur UtamaPT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah (BTPN Syariah) sesuai hasil Keputusan Sirkuler sebagai pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 20 Mei 2014 dan telah memperoleh persetujuan Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 24 Februari 2014. Memiliki pengalaman lebih dari 38 tahun, beliau mengawali karir di PT Ma’soem, PT Kasoem, Pusat Penelitian Ekonomi & Sumber Daya Manusia Universitas Padjadjaran, Kantor Akuntan R. Supardi Sugandakusumah (Akuntan Publik), dan PT Indosat. Selama di PT Indosat, atas persetujuan pemegang saham dan manajemen, beliau juga berprofesi sebagai konsultan sistem informasi keuangan antara lain di PT Telkom, PT Sucofi ndo, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara Airlines, Badan Urusan Logistik dan lain-lain. Kemudian berkarir di PT Semen Cibinong Tbk., Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen dengan posisi terakhir sebagai Koordinator Pelaksana Harian tugas-tugas Menteri Keuangan, selaku Ketua Tim Pemberesan BPPN, PT Bank Danamon Tbk sebagai Komisaris Independen, anggota Komite Audit, anggota Komite Manajemen Risiko serta anggota Komite Remunerasi dan Nominasi, Departemen Agama sebagai Konsultan Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah, dan terakhir berkarir pada Perum Percetakan Uang & Dokumen Sekuriti sebagai Direktur Keuangan, SDM & Pengamanan yang bertanggung jawab pada Direktur Utama, dan membawahi Divisi Keuangan, Divisi SDM, Divisi Pengamanan, Departemen Informasi dan Teknologi dan Optimalisasi Aset. Selain itu juga sebagai Direktur Pembina Dana Pensiun Peruri, Yayasan Pensiun Peruri dan Yayasan Pelayanan Kesehatan Peruri.Memperoleh gelar Doktorandus Akuntan (Drs.Akt) dari Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran dan mengikuti berbagai program pelatihan antara lain yang diselenggarakan oleh PT Telkom, IBM, Monash University, BSMR-ABN AMRO, Standard Chartered Bank. (sumber : Annual Report BTPN Syariah 2015)




Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon