6 Bank Syariah Terbesar di Dunia

INFOSYARIAH.COM - Bank syariah terus mengalami pertumbuhan yang signifikan di berbagai negara. Bahkan di beberapa negara, terutama timur tengah, market share bank syariah lebih tinggi dari bank konvensional. Hingga akhir tahun 2015, jumlah total aset bank syariah global diperkirakan mencapai 1.496.5 miliar USD (IFSB,2016). Dari jumlah tersebut, lebih dari 50% terkonsentrasi di negara-negara timur tengah seperti Iran dan Arab Saudi. Berikut ini 6 bank syariah terbesar di dunia jika diukur dari jumlah aset tahun 2015 (www.islamicfinance.com) .


AL RAJHI BANK

Didirikan pada tahun 1957, Al Rajhi Bank merupakan bank syariah terbesar di dunia dengan total aset SR 307 miliar (US $ 82 milyar), dengan modal disetor SR 16.250.000.000 (US $ 4.330.000.000) dan jumlah karyawan lebih dari 9.600. Dengan lebih dari 58 tahun pengalaman dalam kegiatan perbankan dan perdagangan, berbagai jenis usaha didirikan dengan nama "Al Rajhi" digabung dibawah ''Al Rajhi trading and exchange corporation'' pada tahun 1978 dan pada tahun 1988 menjadi perusahaan holding. Berakar dari prinsip perbankan Islam, kelompok perbankan sesuai Syariah berperan dalam menjembatani kesenjangan antara tuntutan keuangan modern dan nilai-nilai intrinsik, sementara ujung tombak berbagai standar industri dan pengembangan.Dengan basis didirikan di Riyadh, Arab Saudi, Al Rajhi Bank memiliki jaringan yang luas lebih dari 500 cabang, selain itu juga memiliki lebih dari 118 cabang khusus wanita, lebih dari 4.100 ATM, 46.000 terminal POS diinstal dengan pedagang dan basis pelanggan terbesar di Inggris , selain 170 pusat remittance di kerajaan. cabang pria pertama dibuka di Aldirah pada tahun 1957, dengan cabang wanita pertama yang dibuka di AlShmaisi pada tahun 1979.

Kuwait Finance House

Kuwait Finance House (KFH) merupakan bank syariah terbesar kedua dengan jumlah aset mencapai 56,846 miliar USD. KFH termasuk pelopor kehadiran bank syariah didunia. KFH didirikan pada tahun 1977 di Negara Kuwait dan merupakan bank syariah pertama di negara tersebut, hingga saat ini KFH merupakan salah satu bank syariah terkemuka di dunia, dengan jangkauan usaha tersebar di Kuwait, Bahrain, Arab Saudi, UEA, Turki, Malaysia, dan Jerman.
Pemegang saham terbesar KFH meliputi:
Kuwait Investment Authority (Direct), Kuwait Awqaf Public Foundation (Direct), Public Authority for Minors' Affairs (Direct), The Public Institution for Social Security (Indirect) hingga 31-December-2014. KFH (KSE: KFIN) adalah sebuah perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Kuwait (KSE).

 DUBAI ISLAMIC BANK

Dubai Islamic Bank (DIB) merupakan bank syariah terbesar ke-3 di dunia   dengan jumlah aset mencapai 33,374 miliar USD. Bank yang berbasis di negara super kaya Uni Emirat Arab (UEA) tersebut didirikan pada tahun 1975. Beberapa megaproyek UEA didanai oleh DIB, termasuk gedung tertinggi di dunia "Burj Khalifa".

ABU DHABI ISLAMIC BANK

Satu lagi bank syariah asal negara UEA yang masuk jajaran bank syariah terbesar di dunia yaitu Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) denganjumlah aset mencapai 30,497 miliar USD. ADIB didirikan pada tahun 1997, berkedudukan di Abu Dhabi, UEA. ADIB juga telah membuka layanan dibeberapa negara diantaranya Mesir, Iraq, Saudi Arabia, Qatar, dan Inggris.

QATAR ISLAMIC BANK

Qatar Islamic Bank (QIB) merupakan bank syariah terbesar ke-5 dengan jumlah aset mencapai 26,371 miliar USD. QIB berkedudukan di Doha, Qatar. Didirikan pada tahun 1982. QIB merupakan bank syariah pertama yang beroperasi di Qatar.

ALINMA BANK

Alinma Bank adalah bank syariah asal Arab Saudi. Merupakan bank syariah terbesar ke 6 dengan aset mencapai 21,56 miliar USD. Alinma berkedudukan di Riyadh dan termasuk bank syariah yang belum lama berdiri yaitu pada tahun 2006. Alinma Bank termasuk bank yang saat ini membiayai pembangunan megaproyek pemerintah Arab Saudi yaitu Jeddah Tower, yang digadang-gdang sebagai gedung tertinggi di dunia mengalahkan Burjh Khalifa milik UEA.
By : gustani

Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon