5 Faktor Pendorong Meningkatnya Pasar Wisatawan Muslim

Hasil gambar untuk wisatawan muslimPasar wisatawan muslim menjadi salah satu sektor yang paling cepat mengalami pertumbuhan di industri perjalanan global. Pada tahun 2015, diperkirakan sebanyak 117 juta muslim yang melakukan perjalanan wisata. Diproyeksikan jumlah ini akan bertambah sebanyak 168 juta muslim pada tahun 2020 dan diperkirakan wisatawan muslim
menghabiskan USD 200 miliar untuk perjalanan.
Berikut ini 5 faktor yang diyakini faktor pendorong meningkatnya pasar wisatawan muslim mancanegara menurut GMTI 2016.


  1. Growing Muslim population (Pertumbuhan Populasi Muslim)

    Pertumbuhan populasi muslim yang begitu cepat dan diperkirakan jumlah muslim akan mencapai 26% dari total populasi penduduk dunia pada tahun 2030.
  2. Growing middle class / Disposable income  (Pertumbuhan kelas menengah / Pendapatan meningkat)

    Meningkatnya taraf hidup penduduk muslim dibeberapa negara seperti negara teluk, Indonesia, Malaysia, Turki, Negeria, Banglades, dan sejumlah muslim yang berada di Eropa dan Amerika yang disebabkan semangkin tingginya tingkat pendidikan mereka dan mulai memasuki jenjang karir di dunia profesional. Semua ini menjadi pendorong meningkatnya pendapatan dan tingkat konsumsi muslim.
  3. Younger population (Populasi Generasi Muda)

    Menurut beberapa penelitian (PEW) bahwa jumlah generasi muda muslim (23 tahun) terus mengalami peningkatan. Generasi muda cenderung lebih mempersiapkan perencanan untuk melakukan travel.
  4. Increasing access to travel information (Meningkatnya akses terhadap informasi travel)

    Mudahnya akses informasi saat ini melalui media smartphone menjadikan seorang muslim mudah untuk mencari informasi tentang perjalanan yang aman dan nyaman bagi muslim.
  5. Increasing availability of Muslim-friendly travel services and facilities (meningkatnya ketersediaan layanan perjalanan untuk muslim yang ramah dan nyaman)

    Meningkatnya kebutuhan pasar wisata muslim menuntut beberapa penyedia jasa perjalanan untuk membuka layanan yang dikhususkan bagi wisatawan muslim. 

Referensi : Global Muslim Travel Index 2016

Terimakasih sudah berkunjung !
EmoticonEmoticon